Panduan Trip Menuju Laguna Pantai Bopong

Pantai Bopong boleh dikatakan adalah pantai yang belum lama ini diekspos dan terekspos di sosial media. Berkat seringnya dijepret dengan cantik oleh kawula muda Kebumen, pantai ini mulai ramai dikunjungi wisatawan lokal atau mulai banyak trafiknya :). Begitulah, fenomena sosmed ternyata mampu mendongkrak lokasi wisata yang dulunya tidak terkenal, menjadi terkenal. 

Bisa jadi ini disebut sebagai euforia citizen journalism atau euforia sosmed. Berkat adanya hape canggih, apapun bisa dijadikan obyek berita atau obyek fotografi. Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dan detik itu juga langsung melesat disaksikan oleh ratusan atau bahkan ribuan pemirsah / follower mereka di jejaring sosial media. Entah itu FB, Twitter atau Instagram.

LOKASI PANTAI BOPONG

Pantai Bopong ini terletak di sebelah selatan kota Gombong tepatnya di desa Surorejan Kecamatan Puring. Jarak tempuh dari Gombong adalah 20,5 Km.. Bila ditempuh dengan perjalanan kendaraan bermotor / mobil, akan menempuh waktu kurang lebih 30 menit. Jalur utama yang ditempuh adalah melalui jalan Puring. Kalau sudah sampai Kantor Kecamatan Puring, tinggal lurus terus ke selatan, kurang lebih 2 Km sampailah di Pantai Bopong.

Lihat petanya melalui Google Maps disini >> Lokasi Pantai Bopong. Sudah jelas kan lokasinya? Terima kasih untuk teman saya Agung Iryadi yang sudah menandai lokasi Pantai Bopong dengan begitu cantiknya.

LAGUNA DI PANTAI BOPONG

Pantai Bopong memiliki obyek yang lebih menarik pengunjung, yakni Lagunanya. Kemarin saja waktu mampir ke sana, lebih banyak yang singgah di laguna dari pada di pantainya. Letak Lagunanya di sebelah timur Pantai Bopong kurang lebih 300 meter. 

Jangkauan paling mudah ke Laguna Pantai Bopong adalah melalui jalan kecil yaitu di pertigaan sebelum Pantai Bopong. Nanti akan dijumpai plang (tulisan di papan) penunjuk arah ke Laguna Pantai Bopong. Jalannya berpasir, jadi kalau naik motor, slow riding saja men 😀 Asyik koq. Di kanan kiri jalan yang dilalui banyak ditanami palawija. tomat, pepaya California, de el el.

Perhatikan papan penandanya. Kalau sudah sampai, silahkan parkir motornya. Bayarnya 2.000 perak. Masuk ke Lagunanya gratis. 

Kalau menurut saya lumayan juga lagunanya, bisa untuk trip keluarga kecil dan eksplorasi anak-anak muda. Lebih enak lagi jika berangkatnya di pagi hari. Jadi bisa santai menikmati lagunanya sampai siang.

View-nya lumayan bagus kalau dilihat dari bukit di sebelah utara laguna tersebut. Airnya cukup jernih. Terus terang tidak bisa dikatakan jernih 100% karena airnya memang tidak mengalir dan tertutup oleh semacam tumbuhan rawa. Tapi saya lebih suka bermain air di anakan lagunanya. Karena airnya paling jernih dan dangkal. 

Nah ini album photonya:

KULINER DI PANTAI BOPONG

Kalau di Pantai Bopong, kulinernya itu khas kuliner pantai di Kebumen. Pecel dan gorengan tempe mendo dengan warung non permanen dari kayu dan bambu. Yang diburu pertama kali yaitu mendoan + SGPC. Yumy berat soalnya 😀

Kuliner di Laguna Pantai Bopong juga ada, namun tidak selengkap di pantainya. Jam 14.00 saya rencana mau pesen pecelnya, eeh sudah habis, Tinggal gorengan saja. Yah, terpaksa gigit jari vroh 😀

Leave a Reply

%d bloggers like this: