Introvert bukanlah penghalang untuk sukses

Summary :

Pribadi introvert adalah pribadi unik, ada kekurangan, tapi juga punya kelebihan. Oleh karena itu, jangan takut bila anda punya kepribadian introvert. Dia bukanlah penghalang menuju sukses.

Menjadi pebisnis hampir identik seperti menjadi orang ekstrovert. Ramah bicara ke siapa saja, supel, luwes bergaul, dikagumi banyak orang lain, dll. Tak salah jika pas ikut tes MBTI konon katanya sifat yang pas sebagai seorang pengusaha adalah ENTP (Ekstrovert – Intuitif – Thinking – Perceiver).

Lha terus gimana nasib orang-orang yang kebetulan memang secara natural tidak seperti itu? Apa nggak boleh bercita-cita berwirausaha?

Ini salah satu episode ketakutan saya dulu. Dari dulu sampai sekarang, kepribadian introvert saya memang dominan. Sudah hampir cetak biru. Kalau ada keramaian di suatu tempat yang baru, saya lebih suka menyendiri dulu dan mengamati sampai saya cukup tenang. Bekerja pun demikian, lebih suka menyendiri dan menemukan ritme kerja yang tepat yang tidak banyak gangguan. Buat kebanyakan orang, orang ekstrovert itu biasanya identik dengan sifat cerewet. Sebenarnya, orang introvert lebih cerewet. Tapi cerewetnya disimpan di dalam otak. Otaknya penuh dengan percakapan yang kadang hanya dimengerti dia sendiri.

Kalau melihat orang ekstrovert, kita akan mudah kagum. Saya pun begitu kalau melihat rekan-rekan saya yang ekstrovert. Pedenya luar biasa dan cara bicaranya meyakinkan. Sementara, orang introvert terkadang kelihatan sangat canggung, seperti berada di tempat yang salah. Polah lakunya juga tidak meyakinkan seratus persen. Kadang kita mikir ini beneran pengusaha atau bukan sampai kita tahu bisnisnya ternyata maju.

Bagaimana para introvert ini bisa mengelola usaha? Apa yang jadi keberhasilan mereka? Dari pengamatan saya terhadap rekan-rekan saya yang introvert tetapi berhasil menjalankan bisnisnya, hal-hal yang saya temui di antaranya adalah sbb :

1. Mereka mungkin canggung dengan banyak orang, namun mereka mampu memimpin orang jika diperlukan. Kuncinya adalah apakah mereka pada akhirnya mau benar-benar mencoba memimpin orang atau tidak. Orang introvert punya sisi kepemimpinan yang tegas sekaligus tetap baik kepada orang. Dalam buku good to great, salah satu kunci perusahaan yang bisa melompat adalah adanya kepemimpinan level 5 yang ciri-cirinya cenderung introvert.

2. Kelebihan orang introvert sekaligus mungkin kelemahannya adalah keteguhannya dalam meyakini sesuatu yang dianggap benar. Meskipun orang lain mungkin sudah menyerah, orang introvert bisa terus gigih menjalankannya. Ini bisa jadi kelemahan kalau ternyata yang dia yakini itu sebetulnya memang salah.

3. Orang introvert biasanya punya banyak ide. Karena mereka lebih sering menghabiskan waktunya berpikir dan mengamati, mereka suka menghasilkan ide-ide yang kreatif dan jika dieksekusi dengan benar, ide-ide ini akan menghasilkan karya nyata.

4. Berbisnis sebagai orang introvert memang punya tantangan tersendiri. Karena bisnis akan menuntut kita untuk tampil meyakinkan saat bertemu calon customer atau saat memimpin team. Orang-orang introvert yang berhasil biasanya berhasil melunakkan sifat introvertnya sehingga tidak keblabasan. Walaupun awalnya sangat menegangkan, belajar public speaking adalah cara yang manjur agar sifat introvert kita tidak berlebihan.

Article credit : Ruliyanto Pribadi

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: