Inilah 6 tips dasar untuk pemula di Instagram

Hingga saat ini Instagram mempunyai 300 juta user (pengguna). Woow…! Mungkin saat ini Anda akan dibilang “kuper” atawa ”gaptek” kalau belum mempunyai akun instagram.

Seperti kita tahu, Instagram adalah social media berbasis foto dan video. Menggunakan Instagram tentu perlakuannya berbeda dengan Facebook dan Twitter. Karena setiap pengguna sosial media punya karakternya masing-masing.

Berikut panduan yang kami kutip dari Beritagar yang akan sangat berguna bagi pemula di Instagram.

1. Menulis profil

Jelaskan profil akun Anda dengan singkat dan jelas. Profil Instagram juga menyediakan kolom “website”, sertakan alamat situs atau blog di situ. Dengan begitu, pengguna lain memiliki “jembatan” untuk mengenal Anda lebih jauh.

2. Pengelompokan dan konten tematik

Konten yang baik, akan mendapat hasil yang baik. Cara paling sederhana untuk membuat konten yang baik adalah berbagi secara tematik, misalkan dengan membuat seri foto bertema khusus. Lakukan pengelompokkan tema posting dengan hashtag (tagar) — jangan gunakan tagar yang panjang dan membingungkan.

Menarik juga bila membuat akun khusus yang fokus pada tema tertentu, misal yang dilakukan Warteg Gourmet atau Toko Memorabilia.

3. Menulis caption

Anda bisa menjelaskan sesuatu secara panjang lebar di blog atau Facebook. Di Instagram, Anda berhadapan dengan aplikasi berbagi gambar, maka fokuslah pada gambar. Ingat: “a picture is worth a thousand words”. Jadi, hindari membuat caption yang terlalu panjang.

4. Jangan curang

Bagaimana bentuk kecurangan di Instagram? Misal dengan mengambil dan mengirimkan foto milik orang lain. Atau membeli followers. Ini bisa membuat Anda telihat punya pengaruh, tapi bila diketahui oleh publik hanya akan melahirkan malu. Bagi jenama (brand), perkara followers palsu tentu bisa jadi bom waktu.

5. Jangan terlalu sering posting

Berbagi gambar terlalu sering juga kurang baik. Terlebih bila sudah mengabaikan kualitas karya. Terkait itu, kami juga pernah membahas kualitas gambar yang disukai di Instagram.

Cara sederhana menahan hasrat berbagi gambar: tengok kembali gambar yang hendak dibagikan dan tanyakan lagi pada diri sendiri, “Apakah gambar ini cukup menarik bagi pengikut saya?”

6. Berinteraksi

Anda berada di media sosial. Jangan malas untuk berinteraksi. Bila ada komentar di posting gambar Anda, berikanlah respon balik. Sesekali tengok juga kolom “Explore” (ikon kaca pembesar), yang menampilkan foto dan video populer dalam lingkaran pertemanan serta beragam posting tren. Bila ada gambar yang menarik, jangan sungkan untuk menekan tombol “like” atau berbagi komentar.

Leave a Reply

%d bloggers like this: