AMD, Nvidia dan Artificial Intelligence

AMD produsen chip lawas sedang mencoba bangkit dari puing-puing kehancuran. Nampaknya akan berhasil. AMD ini rival abadi Intel.  Chip terbaru keluaran AMD dapat review positif dari analis. AMD sekarang fokus bikin chip high performance untk AI dan super computer.

Dua produsen chip hebat, AMD dan Nvidia dipimpin orang-orang Taiwan. Negeri kecil ini memang punya banyak orang jenius di bidang teknik elektro. Nvidia kini jadi produsen chip paling hebat untuk para gamers. Dan chip Nvidia juga banyak dipakai untuk AI. Mobil tanpa supir diotaki Nvidia.

Salah satu profesi yang akan banyak dibutuhkan ke depan di tanah air juga : ahli logistik. Sejalan dengan booming online shop. Ahli warehouse.

Gudang-gudang Amazon di Amerika sekarang sudah banyak yang menggunakan robot. Jarang bikin kesalahan dan tidak pernah kecapekan.

Di negara Estonia lebih gila. Kurir antar barang sudah pakai robot. Pesan go food yang antar ke rumah robot. Lengkap dengan sapaan ramah. Estonia ini negara bekas koloni Rusia. Dianggap negara terbaik di Eropa dalam soal IT.

Di Estonia semua dokumen negara kayak KTP, buku nikah, akte notaris, SIUP semua digital based. Tidak ada lagi kertas.

Ada suatu masa dimana yang antar go food ke rumah dan kantor anda adalah robot. Montir mobil dan sekretaris diganti robot juga. Dibalik robot go food ini adalah AI. Artificial Intelligence. Dibalik AI yang hebat ada mikroprosesor jenius bikinan Nvidia dan AMD.

Dan dibalik chip hebat bikinan Nvidia selalu ada otak-otak cemerlang lulusan teknik elektro. Sarjana-sarjana elektro itu yang jadi nyawa Silicon Valley. Mereka berjasa besar hadirkan keajaiban digital di tangan Anda sekarang. Dan otak-otak jenius ahli elektro dan sains itu kebanyakan orang-orang Taiwan. Kalau ada gempa tsunami di Taiwan, jagat digital global akan kolaps.

Taiwan itu memang semacam urat nadi bagi supply chain gadget dunia. Hampir semua jeroan pada benda yang kamu pegang sekarang dibuat di Taiwan. Pabrik-pabrik otomotif di Cikarang itu harusnya sudah menggunakan robot semua. JNE dan TIKI harus mengoperasikan banyak robot untuk mengendalikan gudang barangnya.

Tahun 2030 mobil dengan BBM atau solar dilarang total di Eropa. China membatasi STNK mobil dengan BBM/solar. Mobil elektrik akan jadi gantinya. Di Beijing jatah STNK untuk mobil baru BBM hanya 100 ribu. Yang daftar 1 juta. Antrinya bisa 4 tahun. Kalau Tesla bebas antrian.

Mobil listrik jauh lebih bersih daripada mobil konvensional. Asal listriknya dari renewable energy. Kalau listriknya dari batubara ya sama saja.

Sumber : twit Strategi + Bisnis

Leave a Reply

%d bloggers like this: