Agrowisata asyik di Kebun Stroberi Serang, Karangreja Purbalingga

Purbalingga menyimpan potensi agrowisata yang mempesona. Daerah di utara kota ini yang merupakan kawasan perbukitan yang begitu cantik pemandangannya. Perjalanan dari Gombong (Kebumen) menuju Purbalingga kota bisa ditempuh dalam waktu satu jam. Akses jalannya pun sudah nyaman untuk dilewati.

Salah satu obyek wisata  yang menarik adalah kebun stoberi (strawberry) di daerah Serang, Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Kebun stroberi ini terletak 3 km ke arah barat dari Goa Lawa. Akses jalannya cukup sempit, namun sudah beraspal. Tidak semua jalannya mulus, ada jalan menanjak yang rusak sekitar 500 meter.

Asyik memang perjalanan menuju ke kebun stroberi Serang. Hawanya adem khas pegunungan. Banyak view-view bagus yang sayang untuk dilewatkan. Lokasinya berada di kaki gunung Slamet, dengan kontur perbukitan. Di Serang ini juga terdapat rute pendakian menuju Gunung Slamet lho. Jadi, yang gemar mendaki, bisa melalui rute ini.

Kebun stroberi Serang Purbalingga

Akses jalan di kebun stroberi Serang Purbalinga

Penduduk Serang sebagian besar menanam stroberi di lahan kosong sekitar rumah mereka. Mungkin mata pencaharian utama dari berkebun stroberi.

Kebun stroberi di Serang ini tidak kalah dengan kebun stroberi di daerah Bandung. Areanya luas di perbukitan. Salah satu kebun stroberi yang saya kunjungi adalah kebun stroberi Ozan. Di kebun ini kita bisa memetik sendiri, dengan tiket masuk Rp 15.000 per orangnya.

Kebun Stroberi Ozan, Serang Purbalingga

Kebun Stroberi Ozan, Serang Purbalingga

Selain bisa petik sendiri, juga bisa makan sepuasnya, gratis alias tidak bayar. Namun kalau mau dibawa pulang, harus ditimbang dulu, dan bayar lagi tentunya. Harga per ons-nya Rp 4.500,- Menurutku worth-lah dengan tiket dan harga stroberi segitu.

Sayangnya, waktu kita tiba di kebun storberi Ozan, buah stroberinya sudah habis. Habis dipetik pengunjung yang membludak, kata si penjaga kebun. Tidak semuanya habis, masih ada beberapa sisa-sisa buah di beberapa tanamannya. Namun ini menjadi keasyikan tersendiri, mencari buah stroberi yang tersembunyi di sela daun-daunnya.

Ada kepuasan dan kesenangan tersendiri ber-agrowisata di kebun stroberi Ozan, kita bisa refreshing menyegarkan pikiran. Tidak rugi kalau anda menuju kebun Stroberi Serang, di Purbalingga ini.

Oh ya, ada yang menarik di kebun stroberi Serang ini, yaitu penganan getuk Serang rasa stroberi, harganya Rp 10.000,- per pak-nya. Enak juga untuk oleh-oleh.

Getuk Serang rasa stoberi

Getuk Serang rasa stoberi di kebun stroberi Serang Purbalingga

Leave a Reply

%d bloggers like this: